SOLOK KOTA - Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota berhasil mempertahankan prestasi terkait pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), dengan menyandaang kategori Sangat Baik (A-).
Piagam penghargaan diserahkan oleh Kapolda Sumbar melalui Kepala Biro Perencanaan (Karorena) Kombes Pol Drs.Dharu Siswanto, kepada Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, Kamis pagi, 28 April 2022.
Saat penyerahan piagam tersebut, Karorena Polda Sumbar Kombes Pol Dharu Siswanto menyampaikan ucapan selamat atas prestasi membanggakan yang tetap bisa dipertahankan untuk tahun keempat oleh Polres Solok Kota. Diterangkannya, dari dua belas Polres yang diusulkan di wilayah Polda Sumbar, hanya lima Polres yang menerima pengharagaan salah satunya Polres Solok Kota.
Namun demikian, Dia meminta agar Polres Solok Kota terus berupaya meningkatkan pelayanan publik yang disuguhkan, guna mencapai satu tingkat lagi prediket tertinggi yakni pelayanan prima (A).
“Tantangan kedepan adalah bagaimana mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi ini, karena mungkin Polres Solok Kota akan menjadi rujukan atau roolmode bagi Polres lain dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di wilayah masing-masing. Berikan pelayanan yang terbaik dengan tulus dan ikhlas, bukan hanya karena ada penilaian, serta bangun terus koordinasi dengan pihak terkait, Pemerintah Daerah untuk bersama-sama berupaya memberikan kemudahan pelayan kepada masyarakat, ” harap Dharu.
Terkait penghargaan yang diserahkan itu, Karorena Polda Sumbar menerangkan bahwa penilaian dilakukan oleh Kemenpan-RB dalam periode tahun anggaran 2021, dengan penilaian meliputi satuan yang melakukan tugas pelayanan langsung terhadap masyarakat, yaitu Sat Lantas dalam pelayanan SIM, serta Sat Intelkam terkait pelayanan SKCK.
Adapun Lima Polres yang meraih prediket Sangat Baik di wilayah Polda Sumbar adalah Polres Kota Padang, Polres Bukittinggi, Polres Solok Kota, Polres Payakumbuh dan Pariaman.
Secara terpisah, Kasat Intelkam Polres Solok Kota IPTU Jufrinaldi, SH, kepada INDONESIA SATU, Jum’at (29/4) mengatakan bahwa untuk mencapai pelayanan publik yang prima, kebutuhan mendasar yang harus diwujudkan adalah Mall Pelayanan Publik (MPP).
“Sebagaimana yang disampaikan Bapak Kapolres kemarin, yang menjadi PR kita untuk mencapai tingkat Prima dalam pelayanan publik memang adalah Mall Pelayanan Publik, sehingga seluruh pengurusan pelayanan perizinan dan administrasi masyarakat terfokus pada satu tempat dan terintegrasi, ” ujarnya.
Untuk itu dia berharap dengan adanya lokasi yang disetujui oleh pimpinan daerah maka Mall pelayanan publik itu bisa segera terwujud di tahun ini
"Untuk mewujudkan Mall pelayanan publik memang harus dengan kolaborasi bersama pemerintah daerah titik Karena untuk mewujudkan nya Selain tempat, juga harus didukung dengan sarana prasarana yang mumpuni, " sebut Kasat Intelkam IPTU Jufrinaldi.
Sebelumnya, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, usai menerima piagam penghargaan, kepada Wartawan menyampaikan bahwa kunci dalam mempertahankan prestasi bergengsi tingkat Nasional itu adalah melayani dengan sepenuh hati yang dilakukan pihaknya bersama jajaran terhadap masyarakat.
“Untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah diraih ini, kita akan terus melahirkan inovasi-inovasi yang hakekatnya untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pelayanan, salah satunya dengan berusaha dan terus mendorong Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Mall Pelayanan Publik di Kota Solok, ” tutur Kapolres.
"Alhamdulillah, ini adalah kali keempat kita penghargaan dengan kategori sangat baik dalam pelayanan public. Untuk itu saya minta seluruh personil tetap semangat dalam memberikan pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga di tahun mendatang kita bisa meraih penghargaan kategori Prima, " imbuhnya.
Selain meraih predikat sangat baik dalam pelayanan publik, Polres Solok Kota juga menjadi Polres satu-satunya di wilayah Polda Sumbar yang bisa mempertahankan predikat WBBM. Oleh karena itu, Kapolres meminta jajaran anggota untuk tetap semangat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (Amel)